Syarat dan Ketentuan

PT RTmart Grup Indonesia (selanjutnya disebut “Penyedia Layanan”, “RTmart” atau “kami”) adalah suatu perseroan terbatas yang beroperasi dalam beberapa bidang usaha, salah satunya adalah jasa penyedia platform digital (selanjutnya disebut sebagai “Aplikasi” atau “Aplikasi RTmart” ) yang diaplikasikan pada perangkat mobile, smart phone, web-based browser, program komputer maupun sarana teknologi informasi lainnya untuk perdagangan distribusi secara elektronik antara pemilik warung, mart atau penjual (selanjutnya disebut sebagai “Merchant”) dan Pembeli (selanjutnya disebut sebagai “Pelanggan”), dimana Merchant dan Pelanggan (secara bersama-sama disebut sebagai “Pengguna”) dapat melakukan suatu transaksi jual-beli barang kebutuhan sehari-hari; serta melakukan pengaturan sistem distribusi persediaan barang secara elektronik antara Merchant dan pihak distributor dan/atau penyedia barang (selanjutnya disebut sebagai “Distributor”) yang seluruhnya dilakukan dengan menggunakan fitur dan layanan yang tersedia pada Aplikasi RTmart. Dalam hal ini, kami menjamin keamanan dan kenyamanan dalam transaksi yang dijalankan oleh Pelanggan, Merchant dan Distributor melalui Aplikasi RTmart.

Syarat dan Ketentuan yang diatur di bawah ini berlaku sebagai Perjanjian yang mengikat antara Pelanggan, Merchant, Distributor, serta kami sebagai Penyedia Layanan. Dengan melakukan pendaftaran akun pada Aplikasi RTmart, Pengguna dan/atau Distributor dianggap telah membaca, mengetahui, mengerti serta menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini secara menyeluruh, sehingga bersedia secara sukarela untuk mematuhi apapun yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Pada saat proses pendaftaran dan aktivasi akun pada aplikasi yang sudah diunduh pada telepon seluler, dimana Pengguna Layanan RTmart akan diwajibkan untuk memberi Data dan Informasi miliknya, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, alamat tinggal, alamat surat elektronik, nomor telepon seluler, maupun kata sandi/password yang akan dipakai sehubungan dengan akses akun pribadi dan penggunaan aplikasi RTmart nantinya;

  2. Pengguna maupun Distributor bertanggungjawab atas keamanan alamat e-mail dan kata sandi yang digunakan dalam mengakses Aplikasi RTmart.

  3. Dalam hal jual beli, Aplikasi RTmart hanya berfungsi sebagai perantara antara Merchant dan Pelanggan untuk melakukan transaksi jual-beli, dengan menggunakan fitur dan layanan pada Aplikasi RTmart seperti fitur Obrolan (atau Chat) untuk berkomunikasi, dan lain-lain sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  4. Dalam hal distribusi, Aplikasi RTmart hanya berfungsi sebagai perantara antara Merchant dan Distributor untuk melakukan pengaturan distribusi persedian barang dagangan Merchant, dengan menggunakan fitur dan layanan pada Aplikasi RTmart seperti fitur Obrolan (atau Chat) untuk berkomunikasi, dan lain-lain sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  5. Fitur Obrolan dalam Aplikasi sebagaimana tercantum dalam Angka 3 dan 4 hanya dapat digunakan untuk keperluan transaksi jual-beli dan distribusi barang.

  6. Merchant tidak diperbolehkan untuk menjual barang yang masuk dalam golongan Barang Terlarang (seperti segala jenis senjata api, segala jenis senjata tajam, obat-obatan dalam bentuk narkotika, minuman keras, dan barang-barang dewasa penunjang kegiatan seksual seperti alat bantu seks, pornografi, dan barang-barang sejenis);

  7. Merchant tidak diperkenankan menjual barang yang memiliki hak Distribusi Ekslusif, yakni yang hanya dapat diperdagangkan oleh Merchant resmi dengan sistem penjualan langsung oleh Merchant resmi maupun sistem Merchantan Multi-Level Marketing.

  8. Merchant tidak diperkenankan menjual barang-barang yang sudah kadaluwarsa atau lewat masa berlakunya. Merchant bertanggungjawab untuk melakukan pengecekan berkala atas tanggal kadaluwarsa atau masa berlaku suatu barang.

  9. Merchant wajib untuk melakukan pembaruan atau update terhadap stok barang yang dijual dalam Aplikasi RTmart. Segala kelalaian Merchant yang berujung pada kesalahpahaman Pengguna mengenai stok adalah menjadi tanggungjawab Merchant

  10. Merchant wajib melakukan konfirmasi apabila telah menerima pesanan dari Pelanggan dan siap memproses pesanan tersebut untuk dikirimkan kepada Pelanggan.

  11. Merchant bertanggungjawab penuh atas pengiriman barang, yaitu sejak barang dikirimkan dari lokasi berjualan (yang selanjutnya disebut “Toko”) sampai ke lokasi Pelanggan Aplikasi RTmart. Penyedia Layanan maupun Aplikasi tidak bertanggung jawab atas kerusakan maupun kehilangan barang yang dikirimkan dalam bentuk apapun.

  12. Jika ada suatu kondisi yang menyebabkan barang harus dikembalikan kepada Merchant, maka Pelanggan dapat menggunakan fitur dalam Aplikasi RTmart untuk dapat memberitahukan niat pengembalian tersebut, dan selanjutnya akan diurus oleh Merchant untuk teknis pengembalian barangnya ke Toko.

  13. Atas pengembalian barang tersebut, Merchant dapat menawarkan opsi untuk mengganti dengan barang baru seperti yang sudah dibeli Pelanggan, dan jika persediaan barang tidak tersedia, maka Merchant akan mengembalikan uang yang telah dibayarkan Pelanggan.

  14. Pelanggan melaksanakan pembayaran sebagai bentuk kewajiban untuk mendapatkan hak atas barang yang telah dibeli dari Merchant, yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem Bayar di Tempat atau Cash on Delivery pada saat barang selesai diantarkan dari Toko; atau melalui fitur pembayaran elektronik lainnya yang akan bekerjasama dengan RTmart.

  15. Pelanggan wajib melakukan konfirmasi apabila telah menerima barang dari Merchant.

  16. Pengguna bertanggungjawab atas setiap perkataan dalam bentuk komentar, gambar, atau konten dalam bentuk apapun baik yang diunggah dalam Aplikasi RTmart maupuna dalam melakukan transaksi ataupun distribusi. Perlu diketahui bahwa konten dan/atau perkataan berunsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) maupun yang bersifat menyesatkan, memfitnah atau mencemarkan nama baik, mendiskriminasi, merendahkan atau menyuduttkan orang lain, vulgar, intimidasi maupun kata-kata kasar pada hakikatnya adalah bertentangan dengan nilai dan norma sosial pada masyarakat. Oleh karena itu, RTmart berhak untuk melakukan tindakan tegas atas hal-hal negatif tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas pada penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain sebagainya.

  17. Pengguna tidak diperkenankan menggunakan logo RTmart maupun logo dari barang-barang yang dijual oleh Merchant secara tanpa ijin di media manapun, termasuk pada foto profil akun Pengguna dalam Aplikasi karena bertentangan dengan nilai Kekayaan Intelektual dari logo tersebut, kecuali telah mendapatkan izin secara tertulis dari pihak RTmart. Merchant dilarang menggunakan gambar yang memiliki cap atau watermark dari pihak lain dalam Aplikasi RTmart. Segala tanggung jawab hukum yang timbul akibat kelalaian menggunakan logo dan/atau gambar sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini adalah di luar tanggung jawab Aplikasi RTmart maupun pihak RTmart selaku Penyedia Layanan, dan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya, dimana karenanya Pengguna membebaskan RTmart dari segala tuntutan hukum apapun, baik pidana maupun perdata terkait hal ini.

  18. Pengguna dilarang melakukan penjualan akun kepada siapapun dalam bentuk apapun dan dengan tujuan apapun.

  19. Pengguna hanya dapat membuat satu akun yang terintegrasi dengan satu e-mail dan satu nomor KTP milik Pengguna.

  20. Pengguna tidak diperkenankan untuk membuat lebih dari satu akun untuk mendapatkan keuntungan lebih, baik dari sisi Merchant maupun dari sisi Pelanggan.

  21. Dalam memberikan layanan transaksi elektronik kepada Pengguna, pihak RTmart sebagai penyedia layanan berhak menunjuk pihak ketiga untuk menjadi mitra dalam menyelenggarakan sistem transaksi yang akan dilaksanakan melalui Aplikasi RTmart, termasuk akan tetapi pada sistem Layanan Keuangan atau Perbankan Tanpa Kantor (Branchless Banking), digitalisasi transaksi keuangan serta laporan keuangan dengan sistem mPOS (mobile point of sale), e-commerce payment system dan fitur POS & backoffice reporting system, dan sistem pembayaran dan/atau transaksi keuangan digital lainnya yang akan ada dikemudian hari.

  22. Pihak RTmart berhak melakukan pengecekan terhadap transaksi, baik dari pemesanan, pembayaran, pengembalian barang, serta hal-hal lain terkait transaksi dan distribusi, untuk memastikan bahwa transaksi dan distribusi telah dilakukan dengan itikad baik tanpa kecurangan atau kejahatan apapun di dalamnya.

  23. Pihak RTmart berhak melakukan pembatalan transaksi atau penahanan dana transaksi jika kami mencurigai bahwa suatu transaksi tidak dilakukan dengan itikad baik atau melawan hukum.

  24. Pihak RTmart berhak untuk bekerjasama dengan mitra penyedia sistem transasi elektronik untuk mengantipasi segala bentuk kecurangan, kejahatan maupun transaksi yang tidak dilakukan dengan itikad baik atau melawan hukum.

  25. Pengguna berhak melaporkan kecurigaan terhadap segala bentuk kecurangan maupun kejahatan yang dilakukan oleh Merchant maupun Pelanggan dalam transaksi menggunakan Aplikasi RTmart kepada kami melalui Layanan Pelanggan kami pada alamat e-mail sebagai berikut: customer.service@rt-mart.id

  26. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  27. Setiap sengketa, perselisihan maupun perbedaan paham antara Para Pihak yang timbul dari atau sehubungan dengan atau yang berkaitan dengan transaksi jual-beli maupun distribusi yang dilaksanakan di Aplikasi RTmart, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara musyawarah untuk mufakat. Dalam hal musyawarah tidak menghasilkan kata sepakat tentang cara penyelesaian dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari terhitung sejak salah satu pihak mengajukan permohonan untuk musyawarah guna penyelesaian masalah, maka Para Pihak sepakat untuk menyerahkan semua sengketa yang timbul dari Perjanjian kepada badan peradilan yang berwenang, dimana Para Pihak dengan ini sepakat untuk memilih domisili hukum yang tetap dan tidak berubah pada Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

PT RTmart Grup Indonesia selaku Penyedia Layanan berhak melakukan peninjauan dan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan Aplikasi RTmart ini. Segala bentuk perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Pengguna melalui situs website maupun pop-up notification Aplikasi yang diunduh pada perangkat internet, dan karenanya Pengguna menyatakan menerima, tunduk dan patuh terhadap segala perubahan Syarat dan Ketentuan penggunaan Aplikasi RTmart yang dilakukan oleh pihak RTmart.

Pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini dapat diajukan melalui Layanan Pelanggan kami pada alamat e-mail: customer.service@rt-mart.id

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini adalah merupakan penjelasan atas sikap PT RTmart Grup Indonesia (yang selanjutnya disebut sebagai “RTmart” dan/atau “kami”) dalam memperlakukan Data dan Informasi yang didapat dari pengguna layanan RTmart, baik Merchant, Ibu RTmart, maupun pelanggan atau pembeli Indonesia (yang selanjutnya disebut sebagai “Pengguna Layanan RTmart”). Adapun perlakuan terhadap data dan informasi yang dimaksud mencakup penghimpunan, penggunaan, pengalihan (transfer), pengungkapan, penyimpanan serta perlindungan terhadap Data dan Informasi milik Pengguna Layanan RTmart.

MENGENAI PENGHIMPUNAN DATA DAN INFORMASI
Dalam menjalankan layanannya, RTmart akan melakukan kegiatan penghimpunan Data dan Informasi, yang termasuk tetapi tidak terbatas pada segala kegiatan penghimpunan data berupa nama, jenis kelamin, alamat tinggal, tanggal lahir, pekerjaan, nomor telepon seluler, nomor faksimili, alamat surat elektronik/surel, rekening bank beserta kartu debit/kredit terkait, tanda pengenal yang terdiri dari KTP, SIM atau Paspor dan identitas lainnya, baik yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Akun pribadi, kode QR maupun informasi biometrik (seperti sidik jari atau pengenalan wajah) yang juga termasuk dalam Data dan Informasi yang kami himpun. Data dan Informasi yang kami himpun tersebut dilakukan melalui proses pendaftaran yang dilakukan ketika mendaftar pada aplikasi kami, atau ketika anda menghubungi kami untuk meminta bantuan layanan pendaftaran dan aktivasi akun pribadi. Selain proses pendaftaran, Data dan Informasi yang kami himpun juga berasal dari penggunaan anda terhadap aplikasi kami. Adapun penjelasan mengenai data dan Informasi pada saat penggunaan tersebut dapat dilihat dalam sub-bagian “Jenis Data dan Informasi Yang Dihimpun” di bawah ini.

Data dan Informasi tersebut di atas akan dihimpun oleh RTmart dengan tujuan untuk memberikan layanan yang maksimal bagi Pengguna Layanan RTmart, selama dimungkinkan dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun Data dan Informasi yang berhak dihimpun oleh RTmart dari Pengguna Layanan RTmart terjadi pada saat-saat di bawah ini:

  • Pada saat proses pendaftaran dan aktivasi akun pada aplikasi yang sudah diunduh pada telepon seluler, dimana Pengguna Layanan RTmart akan diwajibkan untuk memberi Data dan Informasi miliknya, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, alamat tinggal, alamat surat elektronik, nomor telepon seluler, maupun kata sandi/password yang akan dipakai sehubungan dengan akses akun pribadi dan penggunaan aplikasi RTmart nantinya;

  • Pada saat penggunaan aplikasi RTmart, RTmart memerlukan Pengguna Layanan RTmart untuk memberitahu letak/lokasi toko, outlet, warung atau lokasi dimana penjemputan/pengambilan barang akan dibeli dan/atau diambil oleh Pelanggan. Selain itu, untuk pengembangan layanan dari aplikasi RTmart, maka pihak RTmart juga akan melakukan penghimpunan terhadap data dan informasi terkait penggunaan aplikasi RTmart, termasuk tetapi tidak terbatas pada alamat protokol internet, informasi situs yang dikunjungi sebelum dan sesudah mengakses aplikasi RTmart, identitas perangkat internet atau alamat kontrol akses media, jam dan durasi pemakaian aplikasi RTmart;

  • Melalui cookies (kumpulan informasi rekam jejak dan aktivitas browsin yang terpasang pada setiap perangkat internet), RTmart dapat melakukan pelacakan terhadap sikap (behavior) dan aktivitas Pengguna Layanan RTmart dalam pemakaian aplikasi RTmart sehari-hari. Meski setiap orang pada dasarnya dapat melakukan pengaturan terhadap cookies pada perangkat internet tersebut, perlu diperhatikan bahwa pengaturan bahkan penghapusan cookies ini dapat mempengaruhi pengalaman/experience atau penggunaan fitur-fitur allikasi RTmart pada saat Layanan RTmart digunakan;

  • Melalui fitur Global Positioning System (GPS) pada perangkat Pengguna Layanan RTmart, pihak RTmart dapat mengetahui dan menghimpun Data dan Informasi terkait dengan lokasi geografis Pengguna Layanan RTmart secara real time (pada waktu sebenarnya). Meski fitur ini dapat dinonaktifkan pada setiap perangkat internet, hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat mempengaruhi dapat mempengaruhi pengalaman/experience atau penggunaan fitur-fitur allikasi RTmart pada saat Layanan RTmart digunakan;

  • Pada saat melakukan transaksi jual-beli, Pengguna Layanan RTmart dapat menggunakan fasilitas uang elektronik yang disediakan oleh mitra Bank RTmart sebagai alat pembayaran untuk melakukan pembayaran atau transfer dana. Dalam hal ini, kami dapat menghimpun Data dan Informasi mengenai sumber data yang dipakai dalam pengisian saldo uang elektronik pada aplikasi, termasuk rincian rekening bank anda, penerima penarikan, riwayat transaksi, maupun tagihan, faktur dan nomor telepon anda.

MENGENAI PENGGUNAAN DATA DAN INFORMASI
Data dan Informasi yang dihimpun oleh RTmart dapat digunakan untuk tujuan-tujuan sebagai berikut:

  • Identifikasi dan pendaftaran sebagai pengguna aplikasi, untuk keperluan administrasi, verifikasi, pengelolaan akun serta aktivasi maupun non-aktif akun;

  • Verifikasi Data dan Informasi sebelum Pengguna Layanan RTmart melayani permintaan transaksi jual-beli dengan pelanggan, atau sebelum RTmart sebagai penyelenggara aplikasi mendaftarkan Pengguna Layanan RTmart pada aplikasi RTmart, yang mana hal ini juga termasuk dalam proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer);

  • Memberikan informasi pada Pengguna Layanan RTmart agar dapat melayani sesuai dengan kebutuhan Pengguna Layanan RTmart;

  • Melakukan pengolahan terhadap informasi mengenai transaksi jual-beli yang dilakukan, termasuk di dalamnya mengenai pesanan dan pembayaran yang anda lakukan atas pesanan tersebut;

  • Melakukan pengolahan terhadap sistem distribusi persediaan barang yang terdapat pada Merchant atau Ibu RTmart, untuk tetap tersedianya barag-barang tersebut;

  • Memberikan informasi kepada Pengguna Layanan RTmart dan melaksanakan percakapan terkait dengan aplikasi RTmart, termasuk pertanyaan, saran dan informasi yang anda berikan untuk pengembangan aplikasi RTmart;

  • Mengelola, mengembangkan, mengevaluasi, serta mempersonalisasi aplikasi RTmart agar pemakaian aplikasi RTmart dapat secara sesuai, akurat dan efisien membantu memenuhi kebutuhan dan preferensi anda sebagai pengguna;

  • Mengetahui dan menganalisa kegiatan dan kebiasaan Pengguna Layanan RTmart dalam memakai layanan yang tersedia dalam aplikasi RTmart; serta memasarkan materi pemasaran dalam bentuk iklan, voucher, survei pelanggan serta informasi yang langsung atau terfokus, dan memberi informasi mengenai berbagai promosi khusus dari aplikasi RTmart.


TENTANG PENYIMPANAN DATA DAN INFORMASI

  • Data dan Informasi yang telah dihimpun akan disimpan hanya untuk pemenuhan kebutuhan dan tujuan penghimpunan Data dan Informasi sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Pihak RTmart akan mengupayakan tindakan penghapusan Data dan Informasi apabila dianggap tidak dibutuhkan lagi baik dari sisi bisnis maupun hukum;

  • RTmart tidak bertanggungjawab atas penyimpanan Data dan Informasi yang dilakukan atas pembagian Data dan Informasi antar individu (bukan untuk pemenuhan kebutuhan dan/atau tujuan pada aplikasi RTmart) di dalam maupun di luar aplikasi RTmart. Jika terdapat masalah terkait dengan Data dan Informasi yang dibagikan secara pribadi tersebut, maka kami terbebas dari segala tanggung jawab atas setiap klaim, kerugian, kewajiban, biaya, kerusakan dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan biaya ganti rugi secara penuh) secara langsung atau tidak langsung, akibat pembagian dan penyimpanan Data dan Informasi tersebut;

  • Penyimpanan Data dan Informasi RTmart akan dibantu dan/atau dilakukan oleh pihak ketiga. Pihak RTmart akan berkomitmen untuk selalu mengusahakan agar perlindungan terhadap Data dan Informasi yang dibantu dan/atau dilakukan oleh pihak ketiga tersebut sesuai dengan standar yang berlaku, dan sesuai dengan apa yang tertuang dalam Kebijakan Privasi ini;

  • Penyimpanan Data dan Informasi juga dapat dilaksanakan oleh pihak ketiga di negara lain yang bekerja sama dengan RTmart, seperti vendor, pemasok, mitra, kontraktor atau afiliasi kami. Pihak RTmart akan terus memastikan bahwa pihak-pihak tersebut melindungi Data dan Informasi sesuai dengan standar yang berlaku dengan yang kami terapkan berdasarkan apa yang tertuang dalam Kebijakan Privasi ini.

TENTANG PERUBAHAN TERHADAP DATA DAN INFORMASI
Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pihak Pengguna Layanan RTmart berhak meminta kepada pihak RTmart untuk memberi akses dan/atau mengoreksi Data dan Informasi yang ada dalam penyimpanan RTmart. Pengguna Layanan RTmart dapat menghubungi kami melalui nomor telepon dan/atau surel pada alamat yang dicantumkan di bagian akhir dari Kebijakan Privasi ini.

TENTANG KEAMANAN DATA DAN INFORMASI
Sebagai penyelenggara aplikasi RTmart, pihak RTmart berkomitmen untuk tidak menjual atau menyewakan Data dan Informasi mengenai Pengguna Layanan RTmart;

Dalam kegiatan operasional yang kami lakukan, kami selalu mengupayakan agar Data dan Informasi Pengguna Layanan RTmart selalu dilindungi sesuai dengan standar prosedur yang berlaku. Namun demikian, perlu diketahui bahwa pihak RTmart tidak bisa memberikan jaminan mengenai keutuhan dan keakuratan Data dan Informasi sehingga Data dan Informasi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang. Keadaan seperti ini berada di luar kuasa dan kendali pihak RTmart. Kerahasiaan detil akun anda adalah tanggungjawab Pengguna Layanan RTmart sebagai pengguna aplikasi RTmart, termasuk di dalamnya kata sandi anda dan One Time Password (OTP). Pengguna Layanan RTmart akan bertanggungjawab sendiri atas keamanan perangkat internet yang dipakai.

TENTANG PIHAK KETIGA
Data dan Informasi yang telah pihak RTmart himpun dapat diberikan kepada pihak-pihak yang bekerjasama dengan RTmart maupun dengan pihak lainnya, untuk pemenuhan tujuan-tujuan sebagai berikut:

  • Untuk memberikan layanan sesuai dengan pesanan;

  • Untuk pemenuhan keperluan penyelidikan atau pengarsipan serta pelaporan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  • Untuk pemenuhan keperluan proses hukum jika terdapat masalah hukum antara Pengguna Layanan RTmart dengan pihak RTmart, maupun pihak Pengguna Layanan RTmart dengan pihak lain;

  • Untuk pemenuhan kebutuhan verifikasi untuk layanan pada aplikasi RTmart, maupun keperluan pendaftaran akun pada aplikasi RTmart, termasuk di dalamnya proses Mengenal Pelanggan (Know Your Customer);

  • Untuk mengantisipasi dan/atau mengatasi keadaan darurat sehubungan dengan kesehatan maupun keselamatan Pengguna Layanan RTmart;

  • Untuk keperluan proses klaim asuransi jika diperlukan, kepada perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan pihak RTmart;

  • Untuk melaksanakan penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembayaran atau akuisisi semua atau sebagian dari bisnis oleh atau ke perusahaan lain;

  • Untuk menawarkan produk atau layanan yang dipasarkan yang dipasarkan oleh pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra, dan pihak lain yang bekerjasama dengan kami, melaksanakan tugas atas nama kami, atau pihak yang sedang melaksanakan kerja sama komersial dengan kami) serta melaksanakan penelitian, analisis dan pengembangan pada produk yang ditawarkan;

  • Untuk keperluan operasional RTmart dalam menyediakan aplikasi RTmart bagi Pengguna Layanan RTmart, serta memenuhi keperluan pengolahan data atas nama RTmart;

Pengungkapan dan/atau pembagian Data dan Informasi dapat dilaksanakan untuk tujuan-tujuan selain yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini berdasarkan persetujuan dari Pengguna Layanan RTmart sebagai pengguna aplikasi RTmart.

Iklan pada aplikasi RTmart, situs web dan materi pemasaran RTmart, yang berisi tautan ke situs web pengiklan tersebut, dapat dikumpulkan oleh pihak pengiklan sebagai suatu informasi bagi pengiklan tersebut, dimana Data dan Informasi tersebut akan dihimpun dan dipakai sesuai dengan kebijakan privasi pengiklan.

TENTANG PERUBAHAN ATAS KEBIJAKAN PRIVASI
Kami selaku penyelenggara aplikasi RTmart dapat melakukan peninjauan dan melaksanakan perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini berdasarkan diskresi dan/atau kewenangan kami dari waktu ke waktu. Perubahan seperti ini dapat dilaksanakan sesuai dengan perkembangan perusahaan di masa depan, maupun perkembangan peraturan perundang-undangan yang akan ada. Pemberitahuan akan adanya pelaksanaan perubahan ini akan diinformasikan melalui media komunikasi kami dari aplikasi RTmart kepada Pengguna Layanan RTmart, situs web, dan/atau alamat surat elektronik yang tercantum pada akun Pengguna Layanan RTmart.

TENTANG PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN
Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, anda selaku Pengguna Layanan RTmart dianggap telah membaca dan memahami serta menyetujui segala ketentuan yang ada di dalamnya, termasuk mengenai penghimpunan, penggunaan, pengalihan dan pengungkapan, penyimpanan, mentransfer maupun mengolah Data dan Informasi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi:

Jika anda sleaku Pengguna Layanan RTmart memberikan Data dan Informasi mengenai pihak ketiga seperti pasangan, keluarga, teman atau pihak lain kepada kami, maka anda menyatakan pertanggungjawaban dan jaminan anda bahwa anda telah mendapatkan izin dari pihak tersebut untuk penghimpunan, penggunaan, pengalihan (transfer), pengungkapan, penyimpanan serta pengolahan Data dan Informasi tersebut;

Anda selaku Pengguna Layanan RTmart dapat melakukan penarikan terhadap persetujuan untuk semua penghimpunan, penggunaan, pengalihan (transfer), pengungkapan, penyimpanan dan pengolahan Data dan Informasi dengan memberikan pernyataan tertulis kepada kami melalui alamat yang kami cantumkan di bawah ini. Dengan memperhatikan keadaan dan sifat persetujuan yang ditarik, anda telah mempertimbangkan segala resiko dan memahami bahwa anda tidak lagi dapat menggunakan aplikasi RTmart dan/atau segala macam layanan yang terintegrasi maupun terkandung di dalamnya. Penarikan persetujuan juga berarti pemberhentian akun serta pemutusan hubungan kontraktual anda selaku Pengguna Layanan RTmart dengan RTmart, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi.

TENTANG MILIS RTMART
Dengan menyatakan persetujuan untuk bergabung pada milis pesan kami, anda selaku Pengguna Layanan RTmart telah mengerti bahwa akan ada pesan-pesan bersifat promosional atas aplikasi RTmart yang dapat dikirimkan melalui milis tersebut. Selain milis, RTmrat dan mitra RTmart juga dapat mengirimkan iklan, komunikasi promosi melalui push notification pada aplikasi RTmart, pos, panggilan telepon, layanan pesan singkat (SMS). Jika anda memilih berhenti berlangganan dari milis RTmart, maka anda selaku Pengguna Layanan RTmart dapat melakukannya dengan menghubungi kami melalui kontak yang tercantum di bawah ini. Perlu diketahui bahwa dengan berhenti berlangganan dari milis, RTmart masih dapat mengirimkan pesan-pesan yang bersifat non-promosional, seperti tanda terima atau informasi tentang akun anda.

MEDIA KOMUNIKASI/KONTAK DENGAN KAMI
Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai Kebijakan Privasi, mendapat akses untuk melakukan perubahan terhadap Data dan Informasi anda, serta aktivitas lainnya sehubungan dengan penggunaan aplikasi RTmart, silahkan hubungi kami melalui surat elektronik pada alamat: customer.service@rt-mart.id

Syarat dan Ketentuan

PT RTmart Grup Indonesia (selanjutnya disebut “Penyedia Layanan”,“RTmart” atau “kami”) adalah suatu perseroan terbatas yang beroperasi dalam beberapa bidang usaha, salah satunya adalah jasa penyedia platform digital (selanjutnya disebut sebagai “Aplikasi”) yang diaplikasikan pada perangkat mobile, smart phone, web-based browser, program komputer maupun sarana teknologi informasi lainnya untuk perdagangan distribusi secara elektronik antara pemilik warung, mart atau penjual (selanjutnya disebut sebagai “Merchant”) dan Pembeli (selanjutnya disebut sebagai “Pelanggan”), dimana Merchant dan Pelanggan (secara bersama-sama disebut sebagai “Pengguna”) dapat melakukan suatu transaksi jual-beli barang kebutuhan sehari-hari; serta melakukan pengaturan sistem distribusi persediaan barang secara elektronik antara Merchant dan pihak distributor dan/atau penyedia barang (selanjutnya disebut sebagai “Distributor”) yang seluruhnya dilakukan dengan menggunakan fitur dan layanan yang tersedia pada Aplikasi SIKOMO (untuk Pelanggan) dan SIKODI (untuk Merchant dan Distributor) yang bekerja sama dengan Koperasi Masjid Seluruh Indonesia (KOMASNU). Dalam hal ini, kami menjamin keamanan dan kenyamanan dalam transaksi yang dijalankan oleh Pelanggan, Merchant dan Distributor melalui Aplikasi SIKOMO dan SIKODI.

Syarat dan Ketentuan yang diatur di bawah ini berlaku sebagai Perjanjian yang mengikat antara Pelanggan, Merchant, Distributor, serta kami sebagai Penyedia Layanan. Dengan melakukan pendaftaran akun pada Aplikasi SIKOMO dan SIKODI, Pengguna dan/atau Distributor dianggap telah membaca, mengetahui, mengerti serta menyetujui isi Syarat dan Ketentuan ini secara menyeluruh, sehingga bersedia secara sukarela untuk mematuhi apapun yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  1. Pengguna diwajibkan mendaftarkan diri dengan membuat akun pada Aplikasi SIKOMO dan SIKODI ketika selesai mengunduh Aplikasi pada perangkat mobile, smart phone, program komputer maupun sarana teknologi informasi lainnya, baik sebagai Pelanggan maupun Merchant. Setiap pihak harus mencantumkan data secara lengkap, jujur dengan sebenar-benarnya. Sebagai Penyedia Layanan, kami akan melakukan verifikasi terhadap data yang sudah dimasukkan.

  2. Pengguna, Merchant, maupun Distributor bertanggungjawab atas keamanan alamat e-mail dan kata sandi yang digunakan dalam mengakses Aplikasi SIKOMO dan SIKODI.

  3. Dalam hal jual beli, Aplikasi SIKOMO hanya berfungsi sebagai perantara antara Merchant dan Pelanggan untuk melakukan transaksi jual-beli, dengan menggunakan fitur dan layanan pada Aplikasi SIKOMO seperti fitur Obrolan (atau Chat) untuk berkomunikasi, dan lain-lain sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  4. Dalam hal distribusi, Aplikasi SIKODI hanya berfungsi sebagai perantara antara Merchant dan Distributor untuk melakukan pengaturan distribusi persedian barang dagangan Merchant, dengan menggunakan fitur dan layanan pada Aplikasi SIKODI seperti fitur Obrolan (atau Chat) untuk berkomunikasi, dan lain-lain sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

  5. Fitur Obrolan dalam Aplikasi sebagaimana tercantum dalam Angka 3 dan 4 hanya dapat digunakan untuk keperluan transaksi jual-beli dan distribusi barang.

  6. Merchant tidak diperbolehkan untuk menjual barang yang masuk dalam golongan Barang Terlarang (seperti segala jenis senjata api, segala jenis senjata tajam, obat-obatan dalam bentuk narkotika, minuman keras, dan barang-barang dewasa penunjang kegiatan seksual seperti alat bantu seks, pornografi, dan barang-barang sejenis);

  7. Merchant tidak diperkenankan menjual barang yang memiliki hak Distribusi Ekslusif, yakni yang hanya dapat diperdagangkan oleh Merchant resmi dengan sistem penjualan langsung oleh Merchant resmi maupun sistem Merchantan Multi-Level Marketing.

  8. Merchant tidak diperkenankan menjual barang-barang yang sudah kadaluwarsa atau lewat masa berlakunya. Merchant bertanggungjawab untuk melakukan pengecekan berkala atas tanggal kadaluwarsa atau masa berlaku suatu barang.

  9. Merchant wajib untuk melakukan pembaruan atau update terhadap stok barang yang dijual dalam Aplikasi SIKODI. Segala kelalaian Merchant yang berujung pada kesalahpahaman Pengguna mengenai stok adalah menjadi tanggungjawab Merchant.

  10. Merchant wajib melakukan konfirmasi apabila telah menerima pesanan dari Pelanggan dan siap memproses pesanan tersebut untuk dikirimkan kepada Pelanggan.

  11. Merchant bertanggungjawab penuh atas pengiriman barang, yaitu sejak barang dikirimkan dari lokasi berjualan (yang selanjutnya disebut “Toko”) sampai ke lokasi Pelanggan Aplikasi SIKODI. Penyedia Layanan maupun Aplikasi tidak bertanggung jawab atas kerusakan maupun kehilangan barang yang dikirimkan dalam bentuk apapun.

  12. Jika ada suatu kondisi yang menyebabkan barang harus dikembalikan kepada Merchant, maka Pelanggan dapat menggunakan fitur dalam Aplikasi SIKOMO untuk dapat memberitahukan niat pengembalian tersebut, dan selanjutnya akan diurus oleh Merchant untuk teknis pengembalian barangnya ke Toko.

  13. Atas pengembalian barang tersebut, Merchant dapat menawarkan opsi untuk mengganti dengan barang baru seperti yang sudah dibeli Pelanggan, dan jika persediaan barang tidak tersedia, maka Merchant akan mengembalikan uang yang telah dibayarkan Pelanggan.

  14. Pelanggan melaksanakan pembayaran sebagai bentuk kewajiban untuk mendapatkan hak atas barang yang telah dibeli dari Merchant, yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem Bayar di Tempat atau Cash on Delivery pada saat barang selesai diantarkan dari Toko; atau melalui fitur pembayaran elektronik lainnya yang akan bekerjasama dengan RTmart.

  15. Pelanggan wajib melakukan konfirmasi apabila telah menerima barang dari Merchant.

  16. Pelanggan, Merchant, dan Distributor (Pengguna) bertanggungjawab atas setiap perkataan dalam bentuk komentar, gambar, atau konten dalam bentuk apapun baik yang diunggah dalam Aplikasi SIKOMO dan SIKODI maupun dalam melakukan transaksi ataupun distribusi. Perlu diketahui bahwa konten dan/atau perkataan berunsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) maupun yang bersifat menyesatkan, memfitnah atau mencemarkan nama baik, mendiskriminasi, merendahkan atau menyuduttkan orang lain, vulgar, intimidasi maupun kata-kata kasar pada hakikatnya adalah bertentangan dengan nilai dan norma sosial pada masyarakat. Oleh karena itu, RTmart berhak untuk melakukan tindakan tegas atas hal-hal negatif tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas pada penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain sebagainya.

  17. Pelanggan, Merchant, dan Distributor (Pengguna) tidak diperkenankan menggunakan logo RTmart maupun logo dari barang-barang yang dijual oleh Merchant secara tanpa ijin di media manapun, termasuk pada foto profil akun Pengguna dalam Aplikasi karena bertentangan dengan nilai Kekayaan Intelektual dari logo tersebut, kecuali telah mendapatkan izin secara tertulis dari pihak RTmart. Merchant dilarang menggunakan gambar yang memiliki cap atau watermark dari pihak lain dalam Aplikasi SIKODI dan SIKOMO. Segala tanggung jawab hukum yang timbul akibat kelalaian menggunakan logo dan/atau gambar sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini adalah di luar tanggung jawab Aplikasi SIKODI dan SIKOMO maupun pihak RTmart selaku Penyedia Layanan, dan menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya, dimana karenanya Pengguna membebaskan RTmart dari segala tuntutan hukum apapun, baik pidana maupun perdata terkait hal ini.

  18. Pengguna dilarang melakukan penjualan akun kepada siapapun dalam bentuk apapun dan dengan tujuan apapun.

  19. Pengguna hanya dapat membuat satu akun yang terintegrasi dengan satu e-mail dan satu nomor nomor handphone milik Pengguna.

  20. Pengguna tidak diperkenankan untuk membuat lebih dari satu akun untuk mendapatkan keuntungan lebih, baik dari sisi Merchant maupun dari sisi Pelanggan.

  21. Pihak RTmart sebagai sebagai penyelenggara Program Promo Cashback mengadakan Program Promo Cashback berupa Nisbah yang dipersamakan dengan uang, sehingga tidak ada pungutan PPN dan pemotongan PPh kepada Pelanggan melalui Aplikasi SIKOMO. Hal ini mengacu pada Peraturan Dirjen Pajak PER 11 Tahun 2015 Pasal 4.

  22. Pihak RTmart sebagai penyelenggara Program Promo Cashback menyatakan bahwa akan memberikan Nisbah sebagai imbalan atas jasa perantara untuk Merchant melalui Aplikasi SIKODI untuk penjualan Barang Kena Pajak secara Konsinyasi kepada Pelanggan melalui Aplikasi SIKOMO. Atas nisbah yang diperoleh Merchant, akan dikenakan pemotongan pajak sesuai dengan Peraturan Undang – Undang Perpajakan yang berlaku, mengacu pada PMK 141 Tahun 2015 Pasal 1 Nomor 6 Huruf o (untuk pemotongan pajak penghasilan) dan atas penyerahan Barang Kena Pajak secara Konsinyasi mengacu pada UU No 42 Tahun 2009 – PPN Pasal 1A No 1 Huruf g (untuk Pajak Pertambahan Nilai).

  23. Dalam memberikan layanan transaksi elektronik kepada Pengguna, pihak RTmart sebagai penyedia layanan berhak menunjuk pihak ketiga untuk menjadi mitra dalam menyelenggarakan sistem transaksi yang akan dilaksanakan melalui Aplikasi SIKOMO dan SIKODI, termasuk akan tetapi pada sistem Layanan Keuangan atau Perbankan Tanpa Kantor (Branchless Banking), digitalisasi transaksi keuangan serta laporan keuangan dengan sistem mPOS (mobile point of sale), e-commerce payment system dan fitur POS & backoffice reporting system, dan sistem pembayaran dan/atau transaksi keuangan digital lainnya yang akan ada dikemudian hari.

  24. Pihak RTmart berhak melakukan pengecekan terhadap transaksi, baik dari pemesanan, pembayaran, pengembalian barang, serta hal-hal lain terkait transaksi dan distribusi, untuk memastikan bahwa transaksi dan distribusi telah dilakukan dengan itikad baik tanpa kecurangan atau kejahatan apapun di dalamnya.

  25. Pihak RTmart berhak melakukan pembatalan transaksi atau penahanan dana transaksi jika kami mencurigai bahwa suatu transaksi tidak dilakukan dengan itikad baik atau melawan hukum.

  26. Pihak RTmart berhak untuk bekerjasama dengan mitra penyedia sistem transasi elektronik untuk mengantipasi segala bentuk kecurangan, kejahatan maupun transaksi yang tidak dilakukan dengan itikad baik atau melawan hukum.

  27. Pengguna berhak melaporkan kecurigaan terhadap segala bentuk kecurangan maupun kejahatan yang dilakukan oleh Merchant maupun Pelanggan dalam transaksi menggunakan Aplikasi SIKOMO dan SIKODI kepada kami melalui Layanan Pelanggan kami pada alamat e-mail sebagai berikut: customer.service@rt-mart.id

  28. Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  29. Setiap sengketa, perselisihan maupun perbedaan paham antara Para Pihak yang timbul dari atau sehubungan dengan atau yang berkaitan dengan transaksi jual-beli maupun distribusi yang dilaksanakan di Aplikasi SIKOMO dan SIKODI, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara musyawarah untuk mufakat. Dalam hal musyawarah tidak menghasilkan kata sepakat tentang cara penyelesaian dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari terhitung sejak salah satu pihak mengajukan permohonan untuk musyawarah guna penyelesaian masalah, maka Para Pihak sepakat untuk menyerahkan semua sengketa yang timbul dari Perjanjian kepada badan peradilan yang berwenang, dimana Para Pihak dengan ini sepakat untuk memilih domisili hukum yang tetap dan tidak berubah pada Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

PT RTmart Grup Indonesia selaku Penyedia Layanan berhak melakukan peninjauan dan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan penggunaan Aplikasi SIKOMO dan SIKODI ini. Segala bentuk perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Pengguna melalui situs website maupun pop-up notification Aplikasi yang diunduh pada perangkat internet, dan karenanya Pengguna menyatakan menerima, tunduk dan patuh terhadap segala perubahan Syarat dan Ketentuan penggunaan Aplikasi SIKOMO dan SIKODI yang dilakukan oleh pihak RTmart.

Pertanyaan mengenai Syarat dan Ketentuan ini dapat diajukan melalui Layanan Pelanggan kami pada alamat e-mail: customer.service@rt-mart.id